Inilah 7 Macam Adab Makan Yang Harus Kalian Ketahui - LIPUTAN22.MY.ID

Inilah 7 Macam Adab Makan Yang Harus Kalian Ketahui

 Memiliki adab ketika makan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Adab makan meliputi sikap dan perilaku yang mencerminkan rasa hormat dan sopan santun terhadap makanan yang dihidangkan dan juga pada orang lain yang bersama-sama makan. Adab makan mencerminkan bagaimana seseorang berkomunikasi dengan sesama, membangun hubungan, serta turut memperlihatkan karakter yang positif. Berikut adalah beberapa adab makan yang perlu diperhatikan.


1. Mencuci tangan sebelum makan


Cuci tangan sebelum makan merupakan tindakan awal yang harus dilakukan sebelum menyantap hidangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit dan menjaga kebersihan. Selain itu juga bisa mencerminkan rasa syukur kepada Tuhan yang memberikan nikmat makanan yang dikonsumsi.


2. Syukur pada Tuhan


Sebelum makan, hendaknya memberikan ucapan syukur pada Tuhan yang telah memberikan hidangan yang terhidangkan di atas meja. Dalam agama apapun, memberikan rasa syukur dan berdoa sebelum dan sesudah makan adalah hal yang baik untuk dilakukan.


3. Menunggu tamu lain untuk mulai makan


Saat makan bersama, sebaiknya menunggu tamu yang lain untuk memulai makanan. Hal ini bertujuan agar tidak terlihat tergesa-gesa dan menunjukkan rasa penghormatan pada tamu lain.


4. Menggunakan cara makan yang benar


Menggunakan cara makan yang benar seperti menggunakan sendok, garpu, dan sejenisnya dapat memberikan nilai positif pada seseorang. Hal ini juga akan mempermudah proses menikmati hidangan.


5. Tidak berbicara saat mulut terisi makanan


Tidak berbicara saat mulut terisi makanan merupakan hal yang sangat penting dalam adab makan. Mengunyah makanan dengan baik dan tidak tergesa-gesa, dan menanti saat yang tepat untuk berbicara merupakan hal yang baik untuk dilakukan untuk menjaga kesopanan.


6. Menjaga etika makan


Menjaga etika makan adalah salah satu hal yang penting dalam adab makan. Makan dengan tidak ceroboh, tidak bersuara terlalu keras, dan tidak berbicara terlalu kencang juga merupakan tindakan untuk menjaga etika makan.


7. Mengucapkan terima kasih setelah makan


Setelah selesai makan, sebaiknya mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah memberikan makanan. Hal ini juga bisa dianggap sebagai bentuk rasa hormat pada orang yang telah menghidangkan makanan tersebut.


Memiliki adab makan yang baik tidak hanya meningkatkan nilai estetika, namun juga dapat mencerminkan budaya sopan santun yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui adab makan yang baik, kita bisa menghargai, saling menghormati, dan menjaga hubungan dengan orang lain.

Wongndeso
Wongndeso Dari Blog ini saya ingin mengutarakan informasi atau ide2 yang saya miliki. Teruslah Semangat meski Kadang Dunia tak berpihak kepadamu...