Inilah Malam - Malam Yang Sangat Istimewa Yang Harus Kita Lakukan - LIPUTAN22.MY.ID

Inilah Malam - Malam Yang Sangat Istimewa Yang Harus Kita Lakukan

 


Di dalam kehidupan kita selalu melewati pagi hari siang hari dan malam hari. Ternyata di dalam sebuah hadist ada malam yang istimewa.


Waktu malam apakah itu? Mari kita bahas bersama-sama


 Waktu malam yang istimewa itu ada lima belas, yakni sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan dan malam ketujuh belas dari bulan Ramadhan. 

 

Ia adalah malam pertama dari bulan nifsu-Nya malam dua puluh tujuh, yakni Mi'raj dimana terdapat shalat yang telah diriwayatkan. 


Rasulullah Saw. telah bersabda, “Orang yang beramal di malam ini akan mendapatkan kebaikan-kebaikan seratus tahun. Maka siapa yang melaksanakan shalat malam saat itu sebanyak 12 rakaat dengan membaca Al Fatihah dan surat Qaf dalam setiap rakaat membaca tasyahud dalam setiap dua rakaat, serta memberi salam pada akhirnya. Kemudian mengucapkan, “Subhaanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah. wallahu akbar, seratus kali serta memohon ampun seratus kali, mengucapkan shalawat atas Nabi Saw. seratus kali, dan mendoakan dirinya sekehendaknya berupa dunia dan akhirat dan berpuasa di pagi harinya, maka Allah SWT. akan mengabulkan seluruh doanya, melainkan dalam maksiat”. 


Adapun malam nifsu Sya'ban di dalamnya ada 100 rakaat, dalam setiap rakaat membaca Al Fatihah dan surat Al Ikhlas 10 kali. Dianjurkan secara khusus menghidupkan dua malam id. 


Rasulullah Saw. telah bersabda, “Barang siapa yang menghidupkan dua malam id, tidaklah mati hatinya pada saat banyak hari manusia yang telah mati”. Dan malam terakhir da-i bulan Dzulhijjah kitab tentang beribadat dan disusul seperempat kitab tentang adat. 


Berikut ialah malam yang sangat istimewa semoga kita melaksanakannya dan kita mendapatkan ridho dari Allah SWT. Amiin



Wongndeso
Wongndeso Dari Blog ini saya ingin mengutarakan informasi atau ide2 yang saya miliki. Teruslah Semangat meski Kadang Dunia tak berpihak kepadamu...