Tugas Sebagai Pelajar untuk mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat - LIPUTAN22.MY.ID

Tugas Sebagai Pelajar untuk mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat

   
     Apa saja sih tugas pelajar dalam mencari ilmu agar mendapatkan ilmu yang barokah ?

  Pelajar dalam mencari ilmu itu harus mempunyai adab dalam belajar. 
Apa saja yang harus di lakukan sebagai pelajar kita harus tau dan mengamalkannya. 

  Banyak sekali adab dalam belajar namun di sini kami merinci dalam 7, di antaranya:

1. Membersihkan Jiwa Raga

Dalam mencari ilmu jiwa kita harus selalu bersih agar ilmu itu mudah masuk. Seperti telah di riwayat kan Ibnu Mas'ud "BUKANLAH ILMU TERSEBUT BANYAK MERIWAYATKAN ,AKAN TETAPI ILMU ADALAH CAHAYA YANG TELAH DI MASUKKAN KE DALAM HATI"

2. Mengurangi Kesenangan Duniawi

Allah tidak akan menjadikan dua jantung bagi seseorang di dalam rongga badannya. oleh sebab itu di katakan , " ilmu itu tidak memberikan sebagiannya hingga engkau memberinya seluruh muliamu.

3. Tidak Sombong Dalam Menuntut Ilmu dan Tidak Membangkan Terhadap Guru

 Di ibaratkan kita seperti orang sakit yang gawat memberi kebebasan kepada dokter tanpa berbuat sewenang-wenang terhadapnya dengan sesuatu dalam menuntut suatu macam obat tertentu. Sebuah riwayat sesungguh nya ilmu enggan masuk kepada orang yang sombong termasuk banjir tidak dapat mencapai tempat yang tinggi.

4. Menjauhkan Diri Dari Perselisihan Antar Manusia

Di saat mencari ilmu kita harus menjauhkan dari perselisihan antar manusia agar hati dan pikiran kita tidak menimbulkan kebingungan. Dan pada akhirnya menyebabkan kemalasan serta pengangguran.

5. Menekuni Suatu Bidang Ilmu Sampai Memahami Maksudnya

 Jika umur membantunya iapun menyempurnakan nya kalau tidak ia memiliki yang paling penting dan pilihan yang paling lebih penting dapat di lakukan setelah mengetahui maksudnya.

6. Mengalihkan Perhatian kepada Ilmu Yang Terpenting

ilmu yang terpenting adalah ilmu akhirat. Dengan ilmu akhirat kita akan bisa Mukasyafah ( MAKRIFATULLAH ) mengenal Allah . Itu adalah cahaya yang di maksudkan Allah SWT. Di dalam hati yang bersih dengan ibadah dan mujahadah. 

7. Mempunyai Tujuan untuk Menghiasi Batinya dengan sifat yang menyampaikan kepada Allah SWT serta derajat yang tertinggi diantara malaikat muqorabin (yang dekat kepada Allah) sedangkan dengan itu ia tidak mengharapkan kepemimpinan harta serta kedudukan.




Wongndeso
Wongndeso Dari Blog ini saya ingin mengutarakan informasi atau ide2 yang saya miliki. Teruslah Semangat meski Kadang Dunia tak berpihak kepadamu...