Widget HTML Atas

5 Tips Menghilangkan Karang Gigi yang Mengeras, Sangat mudah Dilakukan di Rumah!

 

                       (Foto: dhamaison)

Ketika karang gigi mengeras tentu akan sulit dibersihkan, namun tentu ada solusi cara menghilangkan karang gigi. 


Ternyata bukan hanya mengganggu penampilan, plak atau karang gigi bisa terbentuk di gigi. Selain itu jika tidak dibersihkan dengan baik, bakteri dapat menyebabkan gusi Anda meradang.


Pembersihan karang gigi atau skaling memerlukan alat yang disebut scaler, baik itu manual maupun ultrasonik, dan dikerjakan oleh praktisi kesehatan gigi. Scaler ultrasonik (ultrasonic scaler/USS) lebih populer saat ini karena lebih cepat, mudah dan meminimalisasi rasa jika terjadi karang gigi.


Sedangkan secara alami, tentu tidak secepat menggunakan alat. Namun bisa menjadi alternatif, salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.


1. Flossing


Salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras pertama adalah flossing. Banyak dokter gigi mungkin berbeda pendapat mereka telah melihat gigi dan gusi orang-orang menggunakan benang gigi secara teratur dan mereka yang tidak, perbedaannya bisa mencolok.


Gusi merah atau bengkak yang mudah berdarah dapat menjadi tanda yang jelas bahwa flossing dan kebiasaan gigi yang lebih baik diperlukan.


"Membersihkan semua sisi gigi Anda, termasuk sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi, adalah hal yang baik,” kata Dr. Tim Iafolla, pakar kesehatan gigi di NIH.


2. Sikat gigi secara teratur


Berikutnya, cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras yaitu sikat gigi. Hal ini memang menjadi dasar menjaga kebersihan mulut dan terhindar dari masalah mulut, seperti karang gigi. Menggosok gigi dengan teratur sebagai cara alami menghilangkan juga membersihkan karang gigi. Terutama untuk karang gigi yang masih berwarna putih.


Para ahli menganjurkan setiap orang menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Supaya benar-benar bersih, sikatlah gigi Anda selama dua menit.


3. Menggunakan Jus Lemon


Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras lainnya yaitu menggunakan jus lemon. Merawat gigi berkarang dengan lemon dapat membantu mengikis/mengurangi perlahan karang gigi. Caranya dengan mencelupkan sikat gigi ke jus lemon dan gosok gigi Anda. Diamkan selama 1 menit sebelum dibilas. Perlu diingat tidak melakukannya terlalu sering karena asam lemon dapat menyebabkan erosi gigi.


4. Berhenti Merokok


Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Ketahui bahwa kandungan kimia dalam rokok bisa memicu pembentukkan karang gigi. Sehingga bila Anda berhenti merokok maka risiko akan pembentukan karang gigi akan berkurang.


Tak hanya bau mulut dan gigi kuning saja, merokok dapat memicu terbentuknya karang gigi hingga menjadi berwarna hitam. Sehingga saat melakukan langkah sederhana membersihkan karang gigi, sebaiknya Anda juga berhenti merokok.


5. Banyak minum air putih


Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras terakhir yang dapat membantu mencegah timbulnya plak baru adalah banyak minum air putih, hal ini juga dalat meningkatkan produksi air liur.


Diketahui air liur dalam mulut berfungsi untuk melembapkan dan meluruhkan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Dengan air minum yang diketahui mengandung enzim hal ini dapat membantu mencegah bakteri penyebab infeksi mulut berkembang.



Cah bagus22
Cah bagus22 Dari Blog ini saya ingin mengutarakan informasi atau ide2 yang saya miliki. Teruslah Semangat meski Kadang Dunia tak berpihak kepadamu...