MARI RAMAIKAN ACARA SEDEKAH BUMI DI DESA NGUJUNG - LIPUTAN22.MY.ID

Widget HTML Atas

MARI RAMAIKAN ACARA SEDEKAH BUMI DI DESA NGUJUNG


  Tradisi sedekah bumi adalah ritual tradisional masyarakat yang populer di Indonesia khususnya Pulau Jawa Bojonegoro adalah salah satu kabupaten yang masih meneruskan tradisi ini. Khusunya di Desa Ngujung Kecamatan Temayang.

Merangkum dari berbagai sumber, sedekah bumi, nyadran, manganan atau sebutan lain masyarakat setempat merupakan wujud rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa setelah menerima hasil bumi yang melimpah. Tradisi ini sudah berlangsung secara turun menurun dari nenek moyang. 

Melalui tradisi ini warga berharap agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya oleh Yang Maha Kuasa. Sedekah bumi juga dilakukan untuk mempererat persaudaraan antar warga. 

Selain itu sedekah bumi juga bertujuan meneruskan atau melestarikan budaya Jawa. Di desa kami, Desa Ngujung setiap tahunnya pasti mengadakan kegiatan tradisional tersebut dengan hiburan wayang kulit dan hiburan Lainnya.
.            

Tapi khusus Tahun ini pegelarannya sangat meriah karena banyak sekali hiburan .

Berikut Rangakaian Acaranya :

- Kirab Gunungan di mulai 07:30 WIB
- Wayang Krucil jam 09:00 WIB
- Elektun jam 11:00 WIB
- Acara puncaknya pengajian umum dengan Pembicara KH. HUSEN ILYAS dari Mojokerto
 
Itulah rangkaian acara sedekah bumi yang ada di desa ngujung mari semua masyarakat untuk mensukseskan dan meramaikan acara tsb. Terima Kasih

Wongndeso
Wongndeso Dari Blog ini saya ingin mengutarakan informasi atau ide2 yang saya miliki. Teruslah Semangat meski Kadang Dunia tak berpihak kepadamu...