7 Manfaat Daging Kambing Yang Harus Kalian Ketahui - LIPUTAN22.MY.ID

Widget HTML Atas

7 Manfaat Daging Kambing Yang Harus Kalian Ketahui


Di Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban tentu banyak umat muslim mendapatkan daging kurban salah satunya daging kambing. 

Tentu daging kambing ini akan di olah menjadi makanan lezat yang siap di santap bersama keluarga. Ada begitu banyak jenis olahan daging kambing, mulai dari sate, tongseng hingga gulai kambing. 

Meski daging kambing di gadang gadang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, ternyata daging kambing memberikan banyak manfaat jika di olah dengan tepat. Tapi ingat jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan ya gaiss.

Inilah manfaat makan daging kambing yang bisa Anda rasakan:

1. Mencegah anemia

Manfaat daging kambing untuk mencegah anemia. karena kaya zat besi, folat, dan vitamin B12.
Kedua nutrisi ini mampu membantu tubuh memproduksi cukup sel darah merah. Sel darah merah akan mengangkut oksigen serta beragam nutrisi penting dan mengedarkannya ke seluruh organ tubuh agar tetap berfungsi optimal.

2. Menjaga kesehatan tulang

Ternyata daging kambing mengandung beragam mineral yang terkandung, yakni kalsium, kalium, dan fosfor.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Nutrition Journal, fosfor dan kalsium adalah mineral yang membantu menjaga kepadatan tulang agar tetap kuat. Mineral ini juga membantu menyusun pembentukan tulang.

3. Meningkatkan massa otot

Daging kambing Kaya protein, sehingga baik membantu meningkatkan massa otot
Daging hewan, termasuk daging kambing, adalah sumber protein lengkap yang mengandung delapan jenis asam amino.

Menurut Studi dari Nutrients memaparkan bahwa manfaat daging kambing dan daging hewan secara umum memiliki kemampuan yang lebih baik untuk meningkatkan pembentukan protein menjadi otot daripada protein nabati.

4. Menjaga kesehatan jantung

Siapa sangka, manfaat daging kambing ternyata membantu menjaga jantung agar tetap sehat?

Ternyata, kandungan kalium pada daging kambing yang cukup tinggi membantu mempermudah kinerja jantung saat memompa darah. Jadi, ritme detak jantung pun tetap normal.

Selain itu, kalium membantu menstabilkan tekanan darah karena membantu membuang kadar natrium berlebih pada tubuh melalui urine. Natrium atau mineral pada garam merupakan salah satu pemicu hipertensi.

Namun, sebaiknya Anda tidak memasak dengan garam berlebih agar mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

5. Membantu Untuk Diet

Protein pada daging kambing membantu program penurunan berat badan Anda

Makan daging kambing sebagai lauk sumber protein dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori harian saat diet defisit kalori.

Daging kambing terbukti memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan daging sapi atau ayam, yakni 268 kkal dan 120 kkal dalam 100 gram.

Selain itu, makan daging kambing manfaatnya juga ikut mengurangi rasa lapar. Sebab, protein mampu mengurangi kadar hormon pemicu rasa lapar atau hormon ghreline.

6. Mengurangi depresi

Daging kambing mengandung vitamin B12 dan folat, dua vitamin ini yang diteliti dapat mengurangi risiko depresi.

Dikutip dari riset terbitan Indian Journal of Psychological Medicine, vitamin B12 dan folat membantu pembentukan senyawa serotonin dan norepinefrin untuk menjaga mood tetap stabil.

Namun, perlu ditekankan bahwa fungsi kestabilan mood dan pencegahan risiko depresi hanya spesifik ditemukan pada kandungan dua vitamin tersebut, bukan daging kambingnya. 

7. Mengurangi risiko kanker

Khasiat daging kambing yang satu ini berasal dari kandungan selenium. Per 100 gram daging kambing mampu memenuhi sekitar 36,6% kebutuhan selenium harian kita.

Dikutip dari jurnal Cochrane, selenium berfungsi sebagai antioksidan dalam mencegah kanker. Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab kanker.

Namun, sama seperti di atas. Perlu ditekankan lagi bahwa fungsi pencegahan risiko kanker hanya spesifik ditemukan pada kandungan mineralnya, bukan daging kambingnya. 

Untuk mengurangi risiko kanker, pastikan olahan daging kambing tidak dibakar.

Terima kasih semoga bermanfaat.
Wongndeso
Wongndeso Dari Blog ini saya ingin mengutarakan informasi atau ide2 yang saya miliki. Teruslah Semangat meski Kadang Dunia tak berpihak kepadamu...