Inilah Cara Meminum Air Putih Yang Benar Agar Terhindar Dari Penyakit Ginjal - LIPUTAN22.MY.ID

Inilah Cara Meminum Air Putih Yang Benar Agar Terhindar Dari Penyakit Ginjal



 Kita semua mengetahui bahwa minum air putih adalah suatu kebutuhan demi memenuhi cairan tubuh yang cukup setiap harinya.


Sebagian orang tidak menyadari bahaya jika tidak rutin minum air putih, bahkan banyak orang yang terinfeksi saluran kencing karena kurang minum.


Perlu kita ketahui minum air putih juga harus dilakukan dengan baik dan benar, agar risiko penyakit pada tubuh tidak kita alami.


Ahli kesehatan sekaligus ulama dr Zaidul Akbar menerangkan bahwa jika minum air putih tidak dilakukan dengan baik dan benar, maka akan beresiko kerusakan pada ginjal.


Maka dari itu, dr Zaidul Akbar menjelaskan bagaimana cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari seperti berikut.


Menurutnya, hal yang perlu diperhatikan adalah suhu air yang diminum harus sama dengan suhu tubuh seseorang.


“Tubuh kita suhu normalnya itu 37 derajat celsius," ujar dr Zaidul Akbar dikutip Lingkar Madiun dari kanal YouTube Bisikan.com pada 30 Juli 2021.


Sesuai dengan suhu tubuh normal manusia yaitu 37 derajat celsius, maka dr Zaidul Akbar menyarankan untuk minum air putih dengan tidak terlalu panas atau pun dingin.


Terkait minum air dingin, dr Zaidul Akbar pernah menjelaskan bahwa jika seseorang ingin meminum air dingin, itu adalah sebab dari reaksi tubuhnya terhadap sesuatu.


"Ingin minum dingin itu sebenarnya ada keringat di badan yang perlu dikeluarkan,” ucapnya.


Kemudian ia memaparkan jika mengalami sensasi gerah lalu ingin minum air dingin, sebaiknya minum air hangat dengan suhu normal.


Hal itu disebabkan karena air dingin dapat berpengaruh buruk terhadap organ ginjal manusia.


"Jadi kalau orang-orang yang rutin minum (air) es itu, lama-lama ginjalnya bisa tergerus," tuturnya.


Walaupun di salah satu hadis menerangkan bahwa air yang baik adalah air dingin, namun dr Zaidul Akbar menegaskan bahwa hadis tersebut untuk kondisi Mekkah dan Madinah yang sangat panas dan gersang.


Bagi masyarakat Indonesia yang notabene wilayahnya memiliki iklim tropis, dr Zaidul Akbar menyarankan sebaiknya minum air putih sesuai suhu lingkungan yaitu minum air putih yang normal.


Di sisi lain, dr Zaidul Akbar juga memaparkan bahaya minum air putih dingin bisa memberatkan bagian tubuh, khusus bagian pencernaan.


"Jadi tidak terlalu disarankan ya, karena berat di perut kita, jadi lebih baik kalau minum ya air anget atau air suhu normal kayak begini," kata dr Zaidul Akbar.


Itulah penjelasan lengkap mengenai cara minum air putih yang baik dan benar menurut dr Zaidul Akbar. Semoga bermanfaat.***

Wongndeso
Wongndeso Dari Blog ini saya ingin mengutarakan informasi atau ide2 yang saya miliki. Teruslah Semangat meski Kadang Dunia tak berpihak kepadamu...