MANFAAT TUMBUHAN DAN KHASIATNYA



    OBAT Tradisonal Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas, mempunyai kurang lebih 35.000 pulau yang besar dan kecil dengan keanekaragaman jenis flora dan fauna yang sangat tinggi. Di Indonesia diperkirakan terdapat 100 sampai dengan 150 famili tumbuh-tumbuhan, dan dari jumlah tersebut sebagian besar mempunyai potensi untuk dimanfaatkan sebagai tanaman industri, tanaman buah-buahan, tanaman rempah rempah dan tanaman obat-obatan. Tumbuhan obat adalah tumbuhan yang salah satu atau seluruh bagian pada tumbuhan tersebut mengandung zat aktif yang berkhasiat bagi kesehatan yang dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh penyakit. Bagian tumbuhan yang dimaksud adalah daun, buah, bunga, akar, rimpang, batang (kulit) dan getah (resin). Ada dua cara membuat ramuan obat dari tumbuhan yaitu dengan cara direbus dan ditumbuk (diperas). Sementara itu, penggunaan ramuan obat ada tiga cara yaitu diminum, ditempelkan, atau dibasuhkan dengan air pencuci. Penggunaan dengan cara diminum biasanya untuk pengobatan organ tubuh bagian dalam, sedangkan dua cara lainnya untuk pengobatan tubuh bagian luar. Tumbuhan obat dapat berupa tanaman lapisan terbawah, liana, terna, perdu dan berbagai jenis pohon. Keberadaaan tumbuhan tersebut ada di dalam hutan maupun di lingkungan sekitar kita seperti di pinggiran jalan yang berfungsi sebagai tanaman peneduh, tanaman hias maupun tanaman yang tumbuh secara liar.

  
     Manfaat tumbuhan sebagai obat juga dipaparkan dalam hadist Nabi:

 ََبَحَلا يَف َلاَا َءاَد َنَم اَم { َلاَق َمَلَسَو َهَيَلَع َهَللا ىَلَص َهَللا َلَوَسَر  َنَا َةَرَيَرَه يَبَا َنَع اَفَش َهَنَم َءاَدَوَسلا َةءَلسلا باتك  حيحصلا ىف ملسم هاور( } َماَسلا َلاَاءادوسلا ةبحل اب  وادتلا باب  م 

Artinya : Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, bahwa dia pernah mendengar Rosullah SAW bersabda “dari sebuah penyakit tidaklah didalam al-habbah al-sauda (jinten hitam) itu mengandung obat segala macam penyakit, kecuali sam (kematian).

12 Jenis Tumbuh-Tumbuhan yang digunakan Sebagai Bahan Obat Secara Tradisional.

1. JAHE
  
     Jahe termasuk salah satu rempah-rempah yang paling sehat di dunia sehingga banyak orang yang menginginkannya dalam bentuk utuh ataupun bubuk. Ini karena jahe memiliki manfaat pada tubuh bila dikonsumi secara rutin, di antaranya mengatasi masalah pencernaan, gangguan kardiovaskuler, muntah, dan diabetes melitus.
 
2. KUNYIT

    Tahukah kamu kunyit terbukti meningkatkan fungsi kekebalan dengan sifat antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antibakterinya? Kunyit juga terbukti membantu mengatur fungsi sel kekebalan melawan kanker.

  Minuman rebusan kunyit atau kunyitT sebagai teh adalah salah satu cara untuk mendapatkan khasiat andalan dari kunyit. Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi 400-600 miligram (mg) bubuk kunyit murni tiga kali sehari atau 1-3 gram akar kunyit parut atau kering.


3.TEMULAWAK


Yang Harus Diperhatikan Jika Konsumsi Temulawak

   Temulawak adalah salah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza, tanaman herbal ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia akan manfaatnya. Oleh karena itu, temulawak sering dibudidayakan di dataran tinggi untuk diolah menjadi suplemen atau dijual.

 Di dalam temulawak terdapat banyak zat yang bermanfaat, mulai dari protein, serat, mineral, dan kurkumin. 


4. KENCUR


     Manfaat kencur telah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat tradisional yang baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman herba yang sering dikonsumsi sebagai jamu atau bumbu masakan ini bahkan disebut memiliki manfaat yang dapat menyaingi obat-obatan modern.

Kencur (Kaempferia galanga) merupakan tanaman herba yang memiliki aroma dan cita rasa unik. Tumbuhan ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, dan Malaysia. Tumbuhan yang masih tergolong sebagai kerabat dari jahe (Zingiberaceae) ini telah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat tradisional. Kencur ini di kenal bisa mengobati penyakit seperti BATUK, Mencegah Kanker,  Menurunkan Berat Badan, Membasmi Bakteri Penyebab Penyakit , Meredakan Nyeri dan Peradangan,  Menangkal Radikal Bebas.


  .....SEMOGA BERMANFAAT....